A.Sejarah Telematika
Istilah telematika pertama kali digunakan pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya L’informatisation de la Societe. Istilah telematika yang berasal dari kata dalam bahasa Perancis telematique merupakan gabungan dua kata telekomunikasi dan informatika. Pengertian Telematika sendiri lebih mengacu kepada industri yang berhubungan dengan penggunaan komputer dalam sistem telekomunikasi. Yang termasuk telematika ini adalah layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu contoh telematika. Menurut Wikipedia, istilah telematika ini sering dipakai untuk beberapa macam bidang.
Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi. Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology). Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).
B.Pengertian Telematika
Telematika merupakan teknologi komunikasi jarak jauh, yang menyampaikan informasi satu arah, maupun timbal balik, dengan sistem digital. pengertian Telematika sendiri lebih mengacu kepada industri yang berhubungan dengan penggunakan komputer dalam sistem telekomunikasi. Yang termasuk dalam telematika ini adalah layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu contoh telematika. Telematika menunjuk pada hakikat cyberspace sebagai suatu sistem elektronik yang lahir dari perkembangan dan konvergensi telekominikasi, media, dan informatika. Dalam Pengantar pada Mata Kuliah Hukum Telematikan Fakultas Hukum Universitas Indonesia, dinyatakan bahwa istilah telematika merujuk pada perkembangan konvergensi antara teknologi telekomunikasi, media, dan informatika yang semula masing-masing berkembang secara terpisah. Istilah Teknologi Informasi itu sendiri merujuk pada perkembangan teknologi perangkat-perangkat pengolah informasi.
Para praktisi menyatakan bahwa TELEMATICS adalah singkatan dari TELECOMMUNICATION and INFORMATICS sebagai wujud dari perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah Telematics juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” yang lahir karena perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini memicu perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu atau populer dengan istilah konvergensi.
C.Fungsi Telematika
Selaras dengan pengertian telematika sebagai sarana komuikasi jarak jauh, maka fungsi dari telematika antara lain :
1. Penyampai informasi. Telematika digunakan sebagai penyampai informasi agar orang yang melakukan Komunikasi menjadi lebih berpengetahuan dari sebelumnya. Bertambahnya pengetahuan manusia akan meningkatan keterampilan hidup, menambah kecerdasan, meningkatkan kesadaran dan wawasan.
2. Sarana Kontak sosial hidup bermasyarakat. Interaksi sosial menimbulkan kebersamaan; keakraban, dan kesatuan yang akan melahirkan kerjasama. Telematika menjadi penghubung diantara peserta kerjasama tersebut, walaupun mereka tersebar dimana-mana. Telematika menjembatani proses interaksi sosial dan kerjasama sehingga menghasilkan jasa yang memiliki nilai tambah dibanding hasil perseorangan
Media komunikasi apa saja yang digunakan untuk telematika bisa berupa :
- internet
- televisi
- radio
- handphone
- telepon
- video conference
Perkembangan Telematika sebelum dan sesudah internet muncul
Sebelum ada internet media untuk
telematika hanya berupa radio, pager, televisi, telegraf, dan telepon.
Untuk berkomunikasi baik lokal maupun internasional tentunya masih
sulit, karena biaya mahal, bahkan untuk mengirim surat butuh waktu yang
cukup lama. Setelah muncul internet untuk melakukan komunikasi menjadi
lebih mudah, mencari bahan untuk belajar juga lebih mudah. Setelah ada
internet berkomunikasi bisa lebih cepat dan lebih murah, kita tidak
perlu membayar tarif telepon internasional yang mahal bahkan bisa
melakukan chatting dan video call. Mengirim surat juga bisa sampai
sangat cepat dengan menggunakan email.
Apa yang
anda harapkan kedepannya dengan adanya
Telematika di Indonesia.?
Dengan adanya Telematika di Indonesia, tentu saya berharap negara ini dapat lebih pintar
dan bijak menggunakan teknologi informasi ini untuk membangun serta memajukan
negara ke arah lebih baik dan dapat bersaing secara global dengan negara-negara
lain bukan hanya sekedar memiliki dan menikmati tapi juga dapat memanfaatkan
dan mengembangkan ilmu Telematika dengan baik. Telematika seharusnya juga dapat
meningkatkan sumber daya manusia yang menggunakannya. Untuk kedepannya sangat
diharapkan teknologi indonesia dapat berkembang lebih meningkat dengan
ketersediaan perangkat yang lebih memadai, sehingga penciptaan teknologi buatan
sendiri menjadi lebih mudah dan tidak lagi terlalu ketergantungan dengan
teknologi buatan luar sebagai bukti unjuk gigi negara kita telah mandiri dengan
kemampuan sendiri.
Sumber :
1. karmila.staff.gunadarma.ac.id
2. m-edukasi.web.id/2012/04
3. warta warga gunadarma
4. http://marinnrin.wordpress.com/2012/10/15/telematika/